Taman Sari Dipadati Wisatawan

Written By Luthfie fadhillah on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 21.50


YOGYAKARTA, KOMPAS.com -  Obyek wisata Istana Air Taman Sari di Yogyakarta dipadati wisatawan lokal pada Hari Raya Idul Adha, Jumat (26/10/2012). Jumlah pengunjung meningkat 100 persen dibandingkan hari biasa. "Pada hari biasa rata-rata 250 orang, sedangkan pada hari libur Idul Adha jumlah pengunjung mencapai sekitar 500 orang," kata salah seorang staf Kantor Obyek Wisata Taman Sari, Parjio.


Menurut Parjio, meningkatnya jumlah pengunjung tersebut selain karena hari libur, juga kemungkinan karena obyek wisata Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tutup. "Hari ini banyak wisatawan beralih ke Taman Sari, karena keraton tutup," katanya.


Ia memperkirakan jumlah pengunjung Taman Sari, yang terletak tidak jauh dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu, akan meningkat pada Sabtu dan Minggu, karena bersamaan dengan libur panjang akhir pekan.


Sementara wisatawan mancanegara yang mengunjungi Taman Sari, menurut Parjio, pada hari libur Idul Adha ini jumlahnya tidak ada peningkatan, sama seperti hari-hari biasa rata-rata 125 orang.


Ia mengatakan pada hari-hari biasa Taman Sari buka pada pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 15.00 WIB. Namun, khusus pada hari libur hari besar keagamaan, jam tutup disesuaikan dengan jumlah pengunjung. "Kalau jumlah pengunjung terus meningkat, kami menyesuaikan dengan membuka pintu samping," katanya.


Pengunjung asal Jakarta, Yati, yang datang bersama keluarga mengatakan, mereka meluangkan waktu berwisata ke Taman Sari dan obyek wisata lainnya di Yogyakarta sembari memanfaatkan libur panjang Hari Raya Idul Adha karena bersamaan dengan libur akhir pekan. "Kami datang ke Yogyakarta mumpung libur panjang, dan baru pertama kali saya ke sini (Taman Sari)," katanya.


Obyek wisata Istana Air Taman Sari merupakan situs bekas taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman ini dibangun pada zaman pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765). Kompleks Taman Sari luasnya 10 hektare lebih dengan 57 bangunan, baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan.












Anda sedang membaca artikel tentang

Taman Sari Dipadati Wisatawan

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2012/10/taman-sari-dipadati-wisatawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Taman Sari Dipadati Wisatawan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Taman Sari Dipadati Wisatawan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger