Jokowi Ingin Ada Karnaval Budaya Setiap Hari

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 22 November 2012 | 21.46


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam meningkatkan kualitas budaya di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengimpikan dapat mengadakan karnaval budaya setiap hari. Hal konkret untuk peningkatan budaya Jakarta adalah dengan menggelar pertunjukan dan karnaval.


"Setiap hari, saya mau menggelar karnaval. Indonesia itu ada 504 kota, setahun hanya 365 hari, kenapa tidak kita undang satu per satu daerah untuk mengikuti karnaval," kata Jokowi dalam acara Indonesia Creative Power 2012, XXI Epicentrum Walk, Jakarta, Kamis (22/11/2012).


Jokowi ingin membuat Jakarta berbeda dari kota lainnya. Ia ingin membuat brand image, di mana Jakarta bisa lebih terpandang dibanding kota lainnya di Indonesia. "Coba kita buat kegiatan di mana kota lain tidak ada. Makanya mau kita coba adakan setiap hari karnaval terus biar tambah macet juga Jakarta-nya, ha-ha-ha," kata Jokowi.


Jokowi tidak ingin Jakarta hanya dikenal dengan segala keburukan dan karut-marut berbagai permasalahannya. Ini tentu saja tidak menggambarkan Jakarta sebagai Ibu Kota yang menarik. Untuk itu, ia ingin agar Jakarta punya nilai jual, punya citra seperti kota-kota besar di dunia sebagaimana Paris dikenal sebagai kota mode.


Selain itu, untuk menampung kreativitas warga, Jokowi menilai perlu ada penambahan ruang terbuka. Ia mengatakan, Pemprov DKI merencanakan ruang terbuka hijau dan tempat rekreasi gratis di Danau Riario, Pedongkelan, Jakarta Timur, dan Taman BMW di Jakarta Utara.


"Nanti akan menjadi public space dan ruang kreatif. Tapi sekarang masih sedang dalam proses, dananya gede banget itu, belum dihitung," kata Jokowi.


Jokowi ingin menunjukkan bahwa ruang publik ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk kreatif buatan warga. Pemprov DKI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menciptakan ruang kreasi publik tersebut dan diharapkan mulai berjalan tahun depan.


Jokowi mencontohkan Kota Barcelona di Spanyol, di mana di sekitar jalannya ada yang menjual lukisan maupun hasta karya dan mempertontonkan pertunjukan seni dan budaya. Jokowi menjelaskan, creative public space itu akan dibangun di tiga area, yaitu di Kota Tua, area Jalan Thamrin, dan Blok M-Mayestik. Jokowi juga berharap dapat membangun kampung-kampung kreatif di Jakarta.












Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Ingin Ada Karnaval Budaya Setiap Hari

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2012/11/jokowi-ingin-ada-karnaval-budaya-setiap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Ingin Ada Karnaval Budaya Setiap Hari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Ingin Ada Karnaval Budaya Setiap Hari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger