Komandan: Brimob Tidak Pentingkan Citra

Written By Luthfie fadhillah on Jumat, 09 November 2012 | 21.46





Komandan: Brimob Tidak Pentingkan Citra





Penulis : Fabian Januarius Kuwado | Jumat, 9 November 2012 | 21:27 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Komandan Korps Brigade Mobil Brigadir Jenderal (Pol) Syafei Aksal menegaskan, pasukan Brimob tidak mementingkan pencitraan positif di masyarakat. Sebagai korps spesialis peredam kerusuhan, Brimob wajib menjalankan tugas dan fungsi menjaga keamanan dan menciptakan suasana kondusif.


"Kita tidak tergantung citra masyarakat. Tugas kita menghadapi tensi tinggi. Kita muncul ketika suasana kerusuhan, harus mengambil tindakan hukum, mereka yang merusak kita tangkap," kata Syafei kepada Kompas.com di sela-sela acara jelang HUT Brimob ke-67 di Mako Brimob, Depok, Jumat (9/11/2012).


Syafei menambahkan, meski memiliki tugas dan fungsi yang tegas dalam menindak orang-orang yang menjadi biang keonaran, Korps Brimob kerap dilanda dilema ketika mengambil kebijakan. Terutama pada saat pihak yang melakukan kerusuhan adalah rakyat dari negara sendiri. Meski demikian, Syafei menekankan bahwa anggota Brimob yang terlatih tetap akan melaksanakan tugas dan fungsinya memberantas pengacau keamanan.


"Karena pada kasus sebelumnya jadi pengalaman, kita lakukan tindakan tegas, polisi disalahkan. Artinya, selanjutnya kita lakukan sesuai tugas dan fungsinya saja," ujarnya.


Terkait penggunaan peluru tajam dalam pembubaran massa, Syafei membantahnya. Menurutnya, Brimob tak pernah menggunakan peluru tajam dalam setiap penanganan aksi massa. Dalam Konvensi PBB, korps semacam Brimob diperbolehkan menggunakan peluru tajam. Namun, larangan penggunaan peluru tajam telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2009 tentang Tindakan Tegas Kepolisian.


"Kita sesuaikan dengan konteks di Indonesia, sekarang sudah kita kaji untuk menggunakan peluru karet saja. Kalau orang mau bunuh-bunuhan, kita lumpuhkan saja dengan peluru karet di badannya. Itu sudah cukup," kata Syafei.


Tahun ini korps yang berawal dari polisi bentukan Jepang bernama Tokubetsu Keisatsu Tai tersebut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67. Tema perayaan ulang tahun kali ini adalah "Dengan Penguatan Integritas Soliditas dan Kapasitas Berbasis Kemitraan, Korps Brimob Polri Siap Memantapkan Kamdagri." Acara puncak direncanakan akan digelar di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada 14 November 2012.

















Anda sedang membaca artikel tentang

Komandan: Brimob Tidak Pentingkan Citra

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2012/11/komandan-brimob-tidak-pentingkan-citra.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Komandan: Brimob Tidak Pentingkan Citra

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Komandan: Brimob Tidak Pentingkan Citra

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger