Dimulai, Prakonstruksi Terminal New Priok

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 20 Desember 2012 | 21.52


JAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini, Indonesia Port Corporation  telah memulai proses prakonstruksi Terminal Kalibaru atau New Priok Tahap I yang meliputi tiga terminal peti kemas dan dua terminal produk. Pelaksana proses konstruksi tersebut adalah PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebagai perusahaan pemenang tender konstruksi.


Pekerjaan utama proses prakonstruksi yang saat ini dilakukan PT PP adalah pembuatan penahan gelombang (breakwater), dermaga, reklamasi, pengerukan alur dan kolam, serta pembuatan lapangan penumpukan.


"IPC (Indonesia Port Corporation) sudah sangat siap membangun dan mengoperasikan New Priok. Oleh karena itu saya minta kepada semua pihak untuk mendukung proses tersebut, konsisten akan komitmen menyelesaikan New Priok tepat waktu sesuai dengan Perpres Nomor 36 Tahun 2012," kata Direktur Utama IPC, RJ Lino, Kamis (20/12/2012), di Jakarta.


Terminal Kalibaru  akan dibangun di atas lahan seluas 195 hektar yang diperkirakan akan menambah kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok, pelabuhan terbesar di Indonesia, dengan potensi sebesar 4,5 juta TEUs peti kemas serta 9,4 juta meter kubik produk minyak dan gas.


Terminal New Priok dirancang dengan draf atau kedalaman hingga minus 20 meter Low Water Spring (mLWS) dengan pengerukan tahap pertama sedalam minus 16 mLWS. Untuk alur pelayaran dirancang untuk dua arah yang memiliki lebar mendekati 300 meter dengan dermaga yang dibangun sepanjang 4.000 meter.


Kurang amdal


Hingga saat ini, IPC telah memiliki semua persyaratan dan izin yang dibutuhkan terkait pembangunan dan pengoperasian New Priok, kecuali izin lingkungan dan Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).


Proses izin lingkungan dan amdal saat ini sudah memasuki tahap final dan sedang dalam proses administrasi untuk ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup. Seluruh proses teknis terkait izin tersebut telah sepenuhnya selesai.


Mempertimbangkan waktu yang sangat terbatas, IPC telah melaksanakan seleksi mitra operator secara terbatas untuk mendukung rencana pengoperasian Terminal Perikemas I pada akhir  2014. Calon mitra yang diundang adalah operator yang memiliki reputasi internasional dan diharapkan dapat membawa market dan kapal berukuran besar langsung menuju New Priok guna menurunkan biaya logistik nasional.


Ketiga calon mitra tersebut yaitu Mitsui (NYK, Evergreen, dll), APM Terminal (Maersk Line), dan ICTSI (MSC). Untuk seleksi terminal operator Terminal Petikemas 2 dan 3 telah dimulai tender terbuka dengan mengumumkan registrasi melalui media nasional dan internasional.













Anda sedang membaca artikel tentang

Dimulai, Prakonstruksi Terminal New Priok

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2012/12/dimulai-prakonstruksi-terminal-new-priok.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dimulai, Prakonstruksi Terminal New Priok

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dimulai, Prakonstruksi Terminal New Priok

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger