Mantan Komandan RPKAD Wafat

Written By Luthfie fadhillah on Sabtu, 29 Desember 2012 | 21.01




Obituari


Mantan Komandan RPKAD Wafat





Penulis : Ratih Prahesti Sudarsono | Sabtu, 29 Desember 2012 | 20:02 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com -- Komandan ke-4 Resimen Para Komando TNI-AD (RPKAD), Mayjen (Purn) Moeng Parhadi Mulyo wafat dalam perawatan di RSPAD, Jumat (28/12/2012) pukul 22.30. Mendiang akan dimakamkan di Yogyakarta, Minggu (30/12/2012).


Pejabat Penerangan Kopassus, Mayor Infantri Achmad Munir mengatakan, almahum disemayamkan di rumah duka di Jalan Perikani 1 Nomor 11, Rawamangun, Jakarta Timur. "Rencananya almarhum akan dimakamkan di kampung halamannya di Yogyakarta, besok," ujar Achmad, Sabtu (29/12/2012).


Menurut Achmad, Moeng Parhadi Mulyo (87) pernah menjabat sebagai Komandan RPKAD dengan pangkat letnan kolonel, yang pelantikkannya berlangsung di Manado pada 3 Agustus 1958. Moeng saat itu langsung terjun ke mendan operasi memimpin RTP 1 untuk Merebut Kota Tondano.


Dalam masa kepemimpinan itu terjadi perubahan baret prajurit dari warna coklat (seperti baret artileri) menjadi warna merah. Pada masanya juga, diciptakan pakaian pakaian dinas lapangan (PDL) loreng khusus "darah mengalir", mengantikan seragam PDL loreng lama yang digunakan prajurit para komando. RPKAD sekarang adalah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI-AD.


Pada tahun 1964 prajurit Baret Merah yang tergabung dalam Ekspedisi Cenderawasih menorehkan catatan penting dengan keberhasilan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Puncak Soekarno, puncak gunung tertinggi di pegunungan Jaya Wijaya, Irian Jaya (Papua), pada 1 Maret 1964. Bermula dari keberhasilan itu, keterampilan mountaineering dijadikan sebagai salah satu materi pembekalan dalam kurikulum pendidikan komando di Pusdik Batujajar, Bandung, Jawa Barat.


Menurut rencana jenazah besok akan diberangkatan ke Yogyakarta untuk dimakamkan. Mayjen Purn Moeng Parhadi Mulyo kelahiran Yogyakarta pada 11 Januari 1925. Almarhum meninggalkan seorang istri dan 6 orang anak.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Mantan Komandan RPKAD Wafat

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2012/12/mantan-komandan-rpkad-wafat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mantan Komandan RPKAD Wafat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mantan Komandan RPKAD Wafat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger