IFC Investasi Pupuk di Nigeria

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 19 Februari 2013 | 21.52


JAKARTA, KOMPAS.com- IFC, anggota dari kelompok Bank Dunia, hari ini Selasa (19/2/2013), mengumumkan sebuah investasi pada perusahaan Indorama Eleme Fertilizer & Chemicals yang berbasis di Nigeria, untuk mendukung perluasan fasilitas dari pabrik pupuk terbesar di negara ini.


Investasi ini akan memberikan kontribusi pada peningkatan hasil dan produktivitas produk pertanian, dimana hal ini merupakan sebuah permasalahan penting bagi ketahanan pangan di Nigeria.


Selain itu, investasi inipun juga memberikan dukungan pada investasi Selatan-Selatan ke Afrika, mengingat induk perusahaan Eleme adalah Indorama yang sudah lama menjadi klien IFC di Indonesia.


Nilai keseluruhan dari proyek ini adalah 1,2 miliar dollar AS, dimana 800 juta dollar AS akan didanai oleh sumber lain. Paket pendanaan dari IFC berjumlah hingga 375 miliar dollar AS .


IFC juga menandatangani pinjaman senilai 150 juta dollar AS dan menginvestasikan 75 juta dollar AS lainnya melalui pinjaman sindikasi dengan Bank of India.


Pendanaan dari IFC juga memberikan tambahan senilai 150 juta dollar AS dalam pinjaman pararel dari institusi-institusi keuangan untuk negara berkembang the Belgian Investment Company for Developing Contries, the Commonwealth Development Corporation of the UK, DEG dari Jerman, dan FMO dari Negeri Belanda.


Manish Mundra, Chief Executive Officer dari Eleme, dalam siaran pers Selasa (19/2) mengatakan dukungan IFC untuk proyek ini telah membantu penyediaan pendanaan langsung dan menggerakkan dana dalam jumlah besar untuk mendukung operasi produksi pupuk .


Dengan populasi yang terus tumbuh dan jumlah lahan pertanian yang terbatas, pupuk semakin memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil panen dan pasokan makanan di Nigeria, katanya.


Carsten Mueller, Senior Manager for Manufacturing, Agribusiness and Services IFC mengatakan, Investasi IFC di Indorama Eleme Fertilizer & Chemicals memberikan nilai tambah dan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia, membantu Nigeria memperluas pabriknya dan pada saat yang bersamaan meningkatkan ketahanan pangan.


Indorama memiliki reputasi dalam hal kapasitas eksekusi untuk produksi da lam skala besar dan dengan kemitraan kami yang telah lama terjalin serta kesamaan komitmen dalam pembangunan di Nigeria, kami sangat menyambut baik kemitraan baru ini untuk mendukung pengembangan kami yang lebih jauh di Afrika.


IFC mendukung Indorama dalam investasi utama di Nigeria melalui Indorama Eleme Petrochemicals Company pada tahun 2007.


Proyek ini melibatkan pembangunan dan pengoperasian pabrik pembuat pupuk nitrogen di lahan industri petrokimia Eleme di dalam sebuah kompleks di Port Harcourt, Nigeria.


Dalam penyelesaiannya, fasilitas ini akan memproduksi urea bergranulasi yang akan dijual baik di dalam maupun di luar negeri. Proyek ini juga melibatkan pembangunan pipa sepanjang 84 kilometer dari fasilitas pema sok gas.     








Editor :


Tjahja Gunawan Diredja









Anda sedang membaca artikel tentang

IFC Investasi Pupuk di Nigeria

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/02/ifc-investasi-pupuk-di-nigeria.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

IFC Investasi Pupuk di Nigeria

namun jangan lupa untuk meletakkan link

IFC Investasi Pupuk di Nigeria

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger