Konstruksi Buruk Penyebab Rubuhnya Pintu Timur Monas

Written By Luthfie fadhillah on Senin, 25 Februari 2013 | 21.46





Konstruksi Buruk Penyebab Rubuhnya Pintu Timur Monas





Penulis : Zico Nurrashid Priharseno | Senin, 25 Februari 2013 | 20:52 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Darno (35), seorang mandor proyek perbaikan pintu gerbang sektor timur Monas, menilai bahwa konstruksi gerbang tersebut memang buruk. Gerbang timur Monas rubuh pada Minggu (24/2/2013) dini hari.


Darno mengatakan, konstruksi gerbang tersebut buruk karena gerbang itu tak memiliki pondasi (anchor) yang kuat untuk menahan besi beton. Besi beton itu berukuran sepuluh inci dan berfungsi menyangga pipa-pipa besi pilar gerbang.


"Besi beton itu tertanam di pilar beton. Di situ kesalahan dalam konstruksi tersebut," kata Darno, Senin (25/2/2013).


Oleh karena itu, kata Darno, begitu ada satu bagian yang retak, besi beton itu pun menghancurkan pilar-pilar beton apalagi besi beton itu hanya tertanam di dalam pilar sedalam sepuluh sentimeter. Anchor tersebut berupa sebuah besi panjang yang mengait besi beton yang tertanam vertikal.


"Jadi anchor itu seharusnya dipasang dengan bagian ujungnya terkait di tiga titik besi beton setinggi empat meter. Makanya, kami membuat anchor tersebut untuk mengaitnya ke besi beton," jelas Darno.


Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Pusat Ratna Diah Kurniawati mengatakan, kerusakan itu disebabkan oleh banyak orang yang nekat masuk ke areal Taman Monas dengan cara memanjat pagar tersebut. Kawasan Monas ditutup untuk umum sejak pukul 16.00 sampai pagi hari. Taman Monas beroperasi sejak pukul 09.00 sampai pukul 16.00.


Ratna mengatakan, pintu gerbang Taman Monas di sektor timur itu selalu tertutup dan digembok setiap menjelang petang sampai pagi hari. Bahkan, sekitar pukul 00.00, petugas Satpol PP memastikan pintu tersebut dalam keadaan terkunci. "Sekitar pukul 04.00 baru diketahui jika pintu gerbang itu roboh," kata Ratna kepada Warta Kota, Minggu.


Pada Minggu kemarin, pagar berpilar yang roboh itu ditopang dan diikat menggunakan tali tambang sehingga pagar sudah kembali berdiri. Hal itu dilakukan sebagai langkah pengamanan sementara. Perbaikan dilakukan mulai hari ini.


Ratna berjanji akan mengoptimalkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di kawasan Taman Monas pada malam hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi pengamanan. Pada malam hari, pagar di Monas juga akan dikunci dengan rantai.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Konstruksi Buruk Penyebab Rubuhnya Pintu Timur Monas

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/02/konstruksi-buruk-penyebab-rubuhnya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konstruksi Buruk Penyebab Rubuhnya Pintu Timur Monas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konstruksi Buruk Penyebab Rubuhnya Pintu Timur Monas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger