Istana Klaim Sistem Pemadam Sudah Berjalan Bagus

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 21 Maret 2013 | 21.46


JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretariat Negara mengklaim bahwa seluruh sistem keamanan di Gedung Utama Sekretariat Negara untuk menghadapi kebakaran berjalan dengan baik. Api cepat membesar disebut karena banyaknya bahan yang mudah terbakar di Lantai III gedung tersebut.


"Sistem pemadam berjalan bagus," kata kata Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Lambok V. Nahattands saat jumpa pers di Gedung I Setneg, Kamis (21/3/2013) malam. Ikut mendampingi Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.


Sebelumnya, api awalnya membakar ruangan di lantai III pukul 16.50 WIB. Pengamatan Kompas.com, api cepat membesar. Beberapa petugas pemadam dengan memanfaatkan satu mobil pemadam kebakaran milik Setneg tampak kewalahan memadamkan api.


Petugas pemadam kebakaran dibantu petugas Setneg hanya bisa naik hingga lantai II lantaran tangga yang ada pendek. Air juga tak mampu disemprotkan hingga lantai III. Akhirnya, petugas hanya berusaha menyemprotkan ruangan-ruangan di lantai II melalui kaca yang dihancurkan.


Sekitar 20 menit kemudian, api sudah membakar habis sebagian ruangan di lantai III hingga atap. Dari luar gedung, tak terdengar suara sirine dari dalam gedung.


Pemadaman berjalan cepat setelah belasan mobil pemadam kebakaran tiba sekitar pukul 17.30 WIB. Pemadaman lalu dilakukan dari berbagai sisi gedung. Akhirnya, api bisa dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB, lalu dilanjutkan pendinginan hingga pukul 19.30 WIB.


Lambok mengatakan, api cepat membesar lantaran yang terbakar adalah ruang sidang atau ruang rapat. "Banyak bahan-bahan yang mudah terbakar, ada gorden," ucapnya.


Sebelum petugas pemadam kebakaran datang, kata Lambok, pihaknya sudah berusaha memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran yang ada di setiap ruangan "Semua berfungsi. Tapi memang karena banyak barang yang mudah terbakar," kata dia.


Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Seluruh dokumen negara yang disimpan di gedung tersebut tidak ada yang berbakar dan telah diamankan. Pihak Setneg menduga kebakaran akibat konsleting listrik di lantai III. Meski demikian, akan dilakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran.












Anda sedang membaca artikel tentang

Istana Klaim Sistem Pemadam Sudah Berjalan Bagus

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/03/istana-klaim-sistem-pemadam-sudah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Istana Klaim Sistem Pemadam Sudah Berjalan Bagus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Istana Klaim Sistem Pemadam Sudah Berjalan Bagus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger