Gunung Guntur Dinaikkan Menjadi Waspada

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 02 April 2013 | 21.01




Gunung Api


Gunung Guntur Dinaikkan Menjadi Waspada





Penulis : Ahmad Arif | Selasa, 2 April 2013 | 20:13 WIB













KOMPAS.com/Anton Abdul Karim


Ilustrasi




TERKAIT:






BANJARNEGARA, KOMPAS.com- Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat dinaikkan statusnya dari Normal menjadi Waspada, sejak Selasa (2/4/2013) pukul 17.00.


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, kenaikan status ini dilakukan karena terekam tremor menerus dengan amplitude rata-rata 10-15 mm sejak pagi hari.


"Direkomendasikan agar warga tidak berada dalam radius 2 kilometer dari puncak Guntur," kata Surono dari Bandung. Gunung ini, merupakan salah satu gunung yang paling dipantau oleh PVMBG karena jejak letusannya di masa lalu yang mengerikan dan lokasinya yang dekat dengan perkotaan.


Bahkan, jejak aliran awan panas dari Gunung Guntur di masa lalu juga pernah mencapai kawasan permukiman di Kota Garut. Sehingga PVMBG menetapkan Kawasan Rawan Bencana II (KRB) Guntur juga meliputi Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Leles, bahkan sebagian Kota Garut.


Selama kurun waktu 1800 sampai 1847, Gunung Guntur tercatat meletus 21 kali. Naturalis kelahiran Jerman, F Junghuhn (1850), menggambarkan Guntur ini sebagai gunung yang teraktif teraktif di Jawa pada waktu itu setelah Gunung Lamongan di Jawa Timur. Adapun Gunung Merapi menempati urutan ketiga.


Surono mengatakan, setelah erupsi terakhir tahun 1840-1847, yaitu berupa aliran lava-lontaran piroklastik, Gunung Guntur sudah 165 tahun belum mengalami erupsi lagi. Karena itu, dikhawatirkan, masyarakat lupa dengan bahaya gunung ini.






Editor :


Tjahja Gunawan Diredja















Anda sedang membaca artikel tentang

Gunung Guntur Dinaikkan Menjadi Waspada

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/04/gunung-guntur-dinaikkan-menjadi-waspada.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gunung Guntur Dinaikkan Menjadi Waspada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gunung Guntur Dinaikkan Menjadi Waspada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger