Riset Pasar Penting untuk Tunjang UKM

Written By Luthfie fadhillah on Senin, 29 April 2013 | 21.52





Riset Pasar Penting untuk Tunjang UKM





Penulis : Cyprianus Anto Saptowalyono | Senin, 29 April 2013 | 21:16 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Riset pasar merupakan hal yang penting dalam menunjang bisnis, termasuk bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Meski demikian, pelaku UKM kerap melewatkan atau tidak mampu melakukan langkah tersebut.


"Ini terjadi, karena UKM banyak menghadapi permasalahan sehingga ada hal penting yang kerap terlupakan," kata Ketua Bidang UKM, Perempuan Pengusaha, Perempuan Pekerja Jender, dan Urusan Sosial Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Nina Tursinah, Senin (29/4/2013) di jakarta.


Nina mengatakan, meski riset pasar tidak menjamin 100 persen kesuksesan berbisnis, namun langkah tersebut dapat memperkecil risiko usaha dan sekaligus memperbesar peluang keberhasilan usaha.


Managing Director Ipsos Indonesia, Iwan Murty, mengemukakan pula, pelaku UKM dapat melakukan riset pasar sederhana untuk menunjang keberhasilannya. "Langkah praktis dan sederhana dapat dilakukan UKM untuk mengetahui pasar," kata Iwan.


Dia mencontohkan, pelaku UKM yang membuka usaha restoran atau warung makan, misalnya, dapat menanyakan kepada pembeli ketika diketahuinya pembeli itu tidak menghabiskan makanan yang disajikan kepadanya. Dari jawaban pembeli tersebut kemungkinan akan terdeteksi masalah yang harus diatasi.


"Misalnya saja pembeli tadi tidak menghabiskan makanan karena lauk yang disajikan ternyata dingin. Ini sekaligus dapat dijadikan sarana mengontrol kualitas produk," kata Iwan.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Riset Pasar Penting untuk Tunjang UKM

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/04/riset-pasar-penting-untuk-tunjang-ukm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Riset Pasar Penting untuk Tunjang UKM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Riset Pasar Penting untuk Tunjang UKM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger