Toto Hutagalung Masuk Daftar Pencarian Orang KPK

Written By Luthfie fadhillah on Rabu, 03 April 2013 | 21.01



JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Organisasi Masyarakat Gasibu Pajajaran Toto Hutagalung masuk daftar pencarian orang (DPO) Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia adalah salah satu tersangka kasus pemberian hadiah kepada hakim Pengadilan Negeri Bandung Setyabudi Tejocahyono.


“Sudah dong (masuk DPO), kan sudah masuk pencegahan, jadi sudah masuk ke dalam sistem orang yang dicari,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Jakarta, Rabu (3/4/2013). Hingga kini, KPK masih mengejar Toto yang menghilang sejak proses tangkap tangan KPK di Bandung pada 22 Maret lalu.



Bambang memperkirakan, Toto yang disebut sebagai orang kepercayaan Wali Kota Bandung Dada Rosada itu masih berada di Indonesia. Dia pun mengimbau Toto menyerahkan diri demi kebaikannya sendiri. “Karena dengan menyerahkan diri, kami bisa membuat terang perkara dan Pak Toto juga bisa melakukan pembelaan diri, daripada Pak Toto terus-menerus berlari-lari dari satu tempat ke tempat lain, itu malah melelahkan Pak Toto,” ucap Bambang.


Hari ini, KPK memanggil Toto untuk diperiksa sebagai saksi meskipun keberadaan yang bersangkutan belum diketahui. Menurut Bambang, buronnya Totok, tidak menghalangi proses penyidikan di KPK.


Dalam kasus pemberian hadiah ini, KPK menetapkan empat tersangka. Selain Toto, mereka yang menjadi tersangka adalah hakim Setyabudi, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung, Herry Nurhayat, dan pria bernama Asep yang diduga sebagai suruhan Toto untuk memberikan uang kepada hakim Setyabudi.


Selain memanggil Toto, KPK hari ini menjadwalkan pemeriksaan sopir Herry yang bernama Yayat, dan pegawai negeri Pemkot Bandung Didi Rismunadi. Kemarin, KPK memeriksa ajudan Dada yang bernama Adhli El Efwan.


Nama Dada memang terseret dalam pusaran kasus ini. Informasi diperoleh Kompas menyebutkan, penetapan Dada sebagai tersangka bukan selangkah lagi, melainkan hanya separuh langkah. KPK saat ini baru mencegah Dada ke luar negeri. Pencegahan dilakukan sejak 23 Maret 2013. KPK dipastikan bakal memeriksa Dada.


“Wali Kota Bandung pasti akan diperiksa karena sudah dicegah ke luar negeri, tetapi belum ada jadwal kapan pemeriksaannya,” ujar Johan. KPK juga telah menggeledah ruang kerja Dada di kantor Pemkot Bandung. Dari penggeledahan tersebut, penyidik KPK menyita sejumlah dokumen yang berkaitan dengan kasus ini.


Berita terkait dapat dibaca dalam topik: KPK Tangkap Tangan Hakim Bandung






Editor :


Palupi Annisa Auliani









Anda sedang membaca artikel tentang

Toto Hutagalung Masuk Daftar Pencarian Orang KPK

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/04/toto-hutagalung-masuk-daftar-pencarian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toto Hutagalung Masuk Daftar Pencarian Orang KPK

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toto Hutagalung Masuk Daftar Pencarian Orang KPK

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger