Ini yang Dipermasalahkan Pansus MRT DPRD DKI

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 16 Juli 2013 | 21.46






JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Khusus (Pansus) Mass Rapid Transit (MRT) DPRD DKI Jakarta menilai konsep megaproyek unggulan Pemprov DKI masih belum jelas seutuhnya. Ketua Pansus MRT Triwisaksana mengatakan, salah satu permasalahan yang masih mengganjal Pemprov DKI untuk menjalankan megaproyek itu adalah belum adanya payung hukum pembangunan stasiun bawah tanah serta pemanfaatan ruang bawah tanah.

"Sebenarnya apa payung hukum yang mendasari penggunaan ruang bawah tanah sebagai tempat komersil dan properti," kata pria yang akrab disapa Sani, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Politisi PKS ini juga mempertanyakan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) mengenai ruang bawah tanah yang rencananya selain sebagai jalur MRT, juga akan digunakan untuk kepentingan komersil. Saat ini, Pemprov DKI telah memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pemanfaatan ruang bawah tanah.

Pergub itu dikeluarkan di masa pemerintahan mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Kendati demikian, aturan tersebut, menurutnya, belum dapat mengakomodir kepentingan warga, seperti belum tersedianya aturan kepemilikan.

Tak hanya itu, pansus MRT DPRD juga mempermasalahkan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) yang diberikan DKI kepada PT MRT Jakarta. Mereka meminta DKI untuk mengajukan revisi Peraturan Daerah (Perda) PMP. Sebab, seiring berjalannya waktu, PMP kepada PT MRT Jakarta, jumlahnya semakin besar.

Permasalahan lainnya adalah Pemprov DKI yang menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tanpa sepengetahuan DPRD DKI. Sikap Pemprov DKI itu, kata Sani, telah mendahului peraturan yang ada.

"Perda-nya belum direvisi, kok sudah menggelar RUPS," sindir Sani.




Editor : Ana Shofiana Syatiri







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











Anda sedang membaca artikel tentang

Ini yang Dipermasalahkan Pansus MRT DPRD DKI

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/07/ini-yang-dipermasalahkan-pansus-mrt.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini yang Dipermasalahkan Pansus MRT DPRD DKI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini yang Dipermasalahkan Pansus MRT DPRD DKI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger