Widi Mulia Pernah Jadi Pengguna Antibiotik yang Irasional

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 16 Oktober 2014 | 21.50


Jakarta - Penyanyi Widi Mulia ternyata pernah menjadi pengguna antibiotik yang tidak rasional. Tiap kali mengeluh sakit, personel grup "B3" itu selalu meminta dokter meresepkan antibiotik. Padahal jenis obat ini tidak boleh sembarangan dikonsumsi karena bisa mengakibatkan resistensi.


"Karena ingin cepat-cepat sembuh supaya bisa nyanyi lagi, dulunya saya memang paling sering minta diresepkan antibiotik," kata Widi, di gedung Kementerian Kesehatan di Jakarta, Kamis (16/10).


"Akhirnya malah jadi gampang sakit. Padahal waktu itu cuma sakit batuk atau flu saja, yang sebenarnya tidak membutuhkan antibiotik," Widi menambahkan.


Setelah melahirkan putra pertamanya, Dru Prawiro Sasono, Widi yang sedang hamil anak ketiga ini baru tersadar kalau yang dilakukannya selama ini sangat membahayakan kesehatannya.


"Untungnya saya cepat tersadar sebelum resisten antibiotik. Karena setelah saya cari tahu, ternyata sakit flu, batuk, atau pilek yang disebabkan oleh virus tidak membutuhlkan antibiotik. Hanya perlu istirahat yang cukup dan makan-makanan bergizi saja," ujar istri Dwi Sasono tersebut.


Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengungkapkan, angka resisten semakin meningkat akibat penggunaan antibiotik yang tidak bijak. Bila itu dibiarkan, risiko kematian jadi semakin meningkat. Sebab antibiotik yang seharusnya bisa menyembuhkan penyakit mereka, justru sudah tidak mempan lagi.


Hasil penelitian Antimicrobial Resistant in Indonesia (AMRIN-Study) yang dimuat dalam Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik 2011 menyebutkan, dari 2.494 individu di masyarakat, 43 persen Escherichia coli resisten terhadap berbagai jenis antibiotik antara lain; ampisilin (34 persen), kotrimoksazol (29 persen) dan kloramfenikol (25 persen).


Anda sedang membaca artikel tentang

Widi Mulia Pernah Jadi Pengguna Antibiotik yang Irasional

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2014/10/widi-mulia-pernah-jadi-pengguna.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Widi Mulia Pernah Jadi Pengguna Antibiotik yang Irasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Widi Mulia Pernah Jadi Pengguna Antibiotik yang Irasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger