Tingkatkan Okupansi Hotel secara "Online"

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 23 Oktober 2012 | 21.50


BANDUNG, KOMPAS.com - Biro perjalanan wisata online bisa membantu meningkatkan okupansi hotel. Hal tersebut diungkapkan Yusuf Ijsseldjik, CEO PT Karya Harmoni Indonesia, saat acara seminar "Bandung Outlook Tourism 2013", di GH Universal Hotel, Bandung, Senin (22/10/2012).


"Bandung sebelum over supply seperti sekarang, pasarnya sudah ada. Dulu susah cari hotel yang tersedia, kalau ke travel agent yang tradisional belum tentu langsung mendapatkan kepastian. Sebab harus tanya-tanya dulu, apakah ada kamar kosong," kata Yusuf yang perusahaannya memiliki produk berupa biro perjalanan wisata online.


Ia menjelaskan, urusan mencari hotel di Bandung secara offline cukup merepotkan. Berbeda halnya dengan biro perjalanan wisata online, calon tamu bisa benar-benar melihat kamar mana yang masih ada dan harganya berapa.


"Lebih impulsif, untuk pembelian last minute, langsung beli mana yang menarik harganya dan masih ada kamar hotelnya," tuturnya.


Oleh karena itu, menurut Yusuf, biro perjalananan wisata online bisa membantu hotel yang perlu mencari tamu tambahan terutama di musim sepi kunjungan.


Ia menambahkan saat ini semakin banyak orang yang mencari informasi secara online, terutama untuk mencari ide-ide pergi.


"Online travel agent punya peluang yang besar untuk mendapatkan perhatian orang, baik untuk mencari suatu destinasi wisata maupun hotel," katanya.


Yusuf menambahkan walaupun hotel mengeluarkan harga promosi yang menarik tetapi orang yang mengetahui hanya itu-itu saja, maka akan susah mendapatkan tamu. Sementara jika melalui online, efek pasar lebih cepat dan bisa membantu meningkatkan jumlah tamu.


Ia mengakui dari banyaknya biro perjalanan wisata online yang ada, hanya beberapa perusahaan biro perjalanan wisata online yang sudah dipercaya pasar, terutama pasar domestik.


"Online travel agent banyak bermunculan, tetapi paling baru mendekati konversi pasar sebanyak satu persen," katanya.


Konversi pasar dari tradisional ke pembelian secara online, walaupun hanya satu persen, masih dianggap banyak. Sebagai contoh, tutur Yusuf, pengunjung suatu situs mencapai 10 ribu visitor per hari, maka satu persen dari 10 ribu sudah bisa dianggap lumayan banyak.


Saat ini, Bandung sudah dianggap mengalami over supply ketersediaan kamar hotel akibat pesatnya pertumbuhan hotel di Bandung. Menurut Herman Muchtar, Ketua PHRI Jawa Barat, dulu saat akhir pekan sangat mudah mendapatkan mencapai tingkat okupansi hingga penuh.


"Sekarang sulit, paling tinggi 80 persen. Ini sudah terjadi, karena jumlah kamar sudah mulai banyak," katanya.












Anda sedang membaca artikel tentang

Tingkatkan Okupansi Hotel secara "Online"

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2012/10/tingkatkan-okupansi-hotel-secara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tingkatkan Okupansi Hotel secara "Online"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tingkatkan Okupansi Hotel secara "Online"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger