Irlandia Dorong Investasi di Indonesia

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 14 Maret 2013 | 21.52


JAKARTA, KOMPAS.com- Irlandia menawarkan Indonesia kerjasama dalam meningkatkan hubungan ekonomi. Krisis ekonomi global yang melanda dunia, dirasakan pula oleh Irlandia selama hampir tiga tahun. Praktis dua tahun penuh, Irlandia berupaya keras bangkit dari kondisi tersebut.  Saat stabilitas sudah kembali dicapai, Irlandia melihat bahwa peluang global terbuka luas di kawasan Asia  termasuk Indonesia di dalamnya.


Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Anggaran dan Reformasi Birokrasi Irlandia, Brendan Howlin, dalam kunjungan kerjanya di Jakarta, 13-15 Maret 2013. "Saya bangga menjadi menteri Irlandia pertama yang berkunjung ke Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir ini. Indonesia adalah Negara anggota G-20 yang memiliki profil ekonomi yang kuat," ujar Howlin kepada wartawan di Jakarta, Kamis (14/3/2013).


Indonesia menjadi salah satu referensi bagi Irlandia dalam upaya pemulihan diri dari kondisi krisis. Kunjungan tersebut juga diadakan dalam rangka perayaan St. Patrick's Day (SPD) yang menjadi perayaan nasional Irlandia sekaligus tolok ukur setiap tahun untuk melihat sejauh mana Irlandia sudah berperan dalam kancah dunia, termasuk di sektor ekonominya.


Perayaan St. Patrick's Day jatuh pada 17 Maret. Awal 2013 ini menjadi titik tolak baru bagi kebangkitan Irlandia yang ditandai antara lain dengan meningkatnya GDP dan tercapainya stabilitas pasar modal.  Saat ini Irlandia pun dipercaya memegang posisi presidency Uni-Eropa terhitung sejak Januari, berlangsung selama enam bulan ke depan. Momen ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk juga meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan Uni-Eropa.


Tercatat saat ini lebih dari 1.000 perusahaan Eropa yang berinvestasi di Indonesia dan menciptakan lebih dari sejuta lapangan kerja. Ekspor Indonesia ke Eropa tahun lalu tercatat sebesar 14,7 miliar Euro (19,8 miliar dolar Amerika). Surplus bagi Indonesia mencapai lebih dari 3 miliar Euro. Posisi Irlandia dalam Uni Eropa ini dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pasar Eropa yang memiliki potensi besar dengan 455 juta warga di dalamnya.  


Menyadari hal itu, Irlandia berminat meningkatkan hubungan ekonomi dengan Indonesia. Ekspor dari Irlandia pada 2011 mencapai 15,2 miliar Euro. Diharapkan akan terjadi peningkatan seiring dengan terbangunnya kerjasama yang baik antar negara, termasuk Indonesia.


Dalam kunjungan kerjanya, Brendan Howlin didampingi oleh Duta Besar Irlandia Joe Hayes, dan Direktur Asean Enterprise Ireland, Smruti Inamdar. Enterprise Ireland adalah lembaga resmi pemerintah yang bertugas mendorong perusahaan-perusahaan Irlandia untuk mengembangkan diri dan melihat potensi bisnis di berbagai penjuru dunia, termasuk kawasan Asean dan Indonesia khususnya.


"Lembaga ini mendukung perusahaan-perusahaan Irlandia beraktivitas dan berhasil menciptakan lebih dari 300.000 lapangan kerja di Irlandia," ujar Frank Ryan, CEO Enterprise Ireland.


Kemampuan Irlandia dalam banyak sektor, terutama kesehatan, pendidikan, teknologi informasi, transpor, dan makanan merupakan kekuatan yang ditawarkan Irlandia ke mancanegara.   "Kami melihat peluang sangat baik dalam meningkatkan hubungan antara perusahaan-perusahaan Irlandia dengan Indonesia," ujar Smruti.


Ia juga menambahkan bahwa fokus Irlandia pada bidang riset dan pengembangan, membuat perusahaan-perusahaan dari Irlandia mampu bersaing di pasar global dengan menyediakan solusi bernilai tambah. Dan hal ini pula yang menarik perhatian perusahaan-perusahaan papan atas Indonesia untuk menjalin kerjasama lebih lanjut.


Sebagai catatan, pada 2012 total perdagangan kedua negara mencapai 162 juta Euro, meningkat 16 persen dibandingkan tahun 2011. Impor Irlandia dari Indonesia didominasi oleh pakaian, sepatu dan pakan ternak. Nilai ekspor Indonesia ke Irlandia meningkat 15,5 persen pada tahun 2012, dari 85 juta Euro menjadi 97,4 juta Euro.


Adapun ekspor Irlandia ke Indonesia meningkat 18 persen pada 2012, dari 54,9 juta Euro menjadi 64,9 juta Euro, didominasi produk dairy. Sehubungan dengan upaya peningkatan kerjasama antara perusahaan Irlandia dan Indonesia, pada kesempatan ini dilakukan penandatanganan kerjasama antara Tango Telecom, perusahaan telekomunikasi ternama Irlandia, dengan XL Indonesia.












Anda sedang membaca artikel tentang

Irlandia Dorong Investasi di Indonesia

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/03/irlandia-dorong-investasi-di-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Irlandia Dorong Investasi di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Irlandia Dorong Investasi di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger