Diperiksa KPK 10 Jam, Sekjen ESDM Bungkam

Written By Luthfie fadhillah on Senin, 21 Oktober 2013 | 21.01






JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Waryono Karno diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi selama kurang lebih 10 jam terkait penyidikan kasus dugaan suap kegiatan hulu minyak dan gas yang melibatkan Kepala SKK Migas nonaktif Rudi Rubiandi, Senin (21/10/2013).

Seusai diperiksa KPK, Waryono bungkam kepada wartawan. Dia meninggalkan Gedung KPK, Jakarta sekitar pukul 20.00 WIB tanpa berkomentar sepatah katapun, termasuk soal uang 200.000 dollar AS yang ditemukan penyidik KPK saat menggeledah ruangannya beberapa waktu lalu.

Secara terpisah, Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, salah satu hal yang akan dikonfirmasi penyidik KPK kepada Waryono adalah terkait keberadaan uang 200.000 dollar AS tersebut. KPK meyakini bahwa itu bukan uang operasional kementerian yang pernah disampaikan Menteri ESDM Jero Wacik.

“Sebelumnya kan muncul pernyataan uang itu bisa jadi uang operasional, kan ini harus ditanyakan,” kata Johan.

Selain itu, lanjutnya, ada informasi yang diperoleh penyidik KPK yang berkaitan dengan tersangka Rudi Rubiandini yang perlu dikonfirmasi dengan Waryono. Namun Johan tidak menyebutkan lebih jauh mengenai informasi yang diperoleh penyidik KPK tersebut.

“Ada informasi yang diperoleh penyidik KPK yang berkaitan dengan tersangka RR sehingga perlu dimintai keterangan Pak Waryono, selain soal uang tadi,” ujarnya.

Terkait penyidikan kasus dugaan suap SKK Migas, Waryono telah dicegah bepergian ke luar negeri atas permintaan KPK. Pencegahan dilakukan jika sewaktu-waktu keterangan Waryono diperlukan, dia tidak sedang berada di luar negeri.

Dalam kasus dugaan suap ini, Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dan pelatih golf Deviardi alias Ardi, diduga menerima suap dari petinggi PT Kernel Oil Private Limited (KOPL) Simon G Sanjaya terkait kegiatan yang termasuk lingkup atau wewenang SKK Migas. KPK pun menetapkan Deviardi dan Simon sebagai tersangka.




Editor : Hindra Liauw


















Anda sedang membaca artikel tentang

Diperiksa KPK 10 Jam, Sekjen ESDM Bungkam

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2013/10/diperiksa-kpk-10-jam-sekjen-esdm-bungkam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diperiksa KPK 10 Jam, Sekjen ESDM Bungkam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diperiksa KPK 10 Jam, Sekjen ESDM Bungkam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger