"Europe on Screen" Digelar di 9 Kota

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 22 April 2014 | 21.50


Jakarta - "Europe on Screen" (EOS) 2014 merupakan Festival Film Eropa ke-14 yang mulai berlangsung 2 Mei sampai 11 Mei 2014 digelar di sembilan kota di Indonesia. Kesembilan kota itu adalah Bandung, Banda Aceh, Denpasar, Makassar, Jakarta, Medan, Padang, Surabaya dan Yogyakarta. Semua film yang diputar bisa ditonton secara gratis.


"Film-film ini tidak hanya ekspresi menakjubkan dari keragaman budaya kami, tetapi juga cara yang ampuh untuk mengomunikasikan ide-ide lintas batas," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Olof Skoog dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (22/4).


Dikatakan, film-film yang akan diputar bukan dibuat berdasarkan kalkulasi pasar yang rumit, tidak berbiaya besar, serta tanpa  dana promosi besar-besaran. Meski demikian, film-film tersebut merupakan karya berkualitas.


"Film-film ini kemungkinan besar akan meninggalkan jejak yang tetap bertahan terus dan tidak diingat semalam saja. Sebagian film ini akan menghibur, lainnya akan memprovokasi," kata Olof.


Saat pembukaan festival akan disajikan film Inggris yang diproduksi tahun 2013 berjudul Philomena karya sutradara Stephen Frears. Film ini memenangi penghargaan BAFTA tahun 2014 untuk Best Adapted Screenplay dan mendapat empat nominasi penghargaan Oscar 2014, termasuk Best Picture dan Best Actress. Sedangkan saat penutupan akan diputar film The Shooter (Skytten), film Denmark produksi tahun 2013 karya sutradara Annette K Olesen.


Program pemutaran film akan dilengkapi lokakarya, diskusi film, dan pemutaran 10 film karya finalis Lomba Film Pendek EOS ke-4. Festival Film Eropa merupakan inisiatif bersama dari kedutaan besar dan pusat kebudayaan Eropa di Indonesia. Festival ini diselenggarakan pertama kali di Indonesia tahun 1990 dan yang kedua tahun 1999. Sejak 2003, festival ini mulai diselenggarakan setiap tahun. 


Anda sedang membaca artikel tentang

"Europe on Screen" Digelar di 9 Kota

Dengan url

http://automotivecyberspaces.blogspot.com/2014/04/on-screen-digelar-di-9-kota.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Europe on Screen" Digelar di 9 Kota

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Europe on Screen" Digelar di 9 Kota

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger